Pages

01 January 2011

ORGANISASI 2

1. Jelaskan Ruang lingkup ORMET?
RUANG LINGKUP O & M

* Analisis Organisasi (Organizational Analysis)

Analisis organisasi untuk memudahkan kita menganalisa kinerja organisasi yang baik dan terpantau.

* Komunikasi dalam organisasi (Communication in Organization)

Komunikasi sangat penting dan dibutuhkan untuk menciptakan komunikasi yang baik dan agar tidak ada komunikasi yang buruk dalam organisasi

* Tata kerja, Tata aliran, dan sistem (Work methods, procedur & System)

Tata kerja , Tata aliran dan Sistem sangat penting dalam organisasi, karena ketiga fungsi itu saling berhubungan satu sama lain. Kalau tidak ada salah satu maka organisasi akan kehilangan satu fungsi tersebut.

* Pendayagunaan mesin kantor (Office mechine)

untuk memudahkan kita dalam berorganisasi, dalam menjalankan tugas-tugas dan bisa digunakan dengan baik dengan fungsinya masing-masing.

* Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan (Office layout and space planning)

Tata ruang kantor dan penyusunan perencanaan sangat penting , karena tata ruang adalah tempat masing-masing pegawai dan manajer dalam melakukan pekerjaannya , jika tidak dipisahkan maka akan mengganggu kinerjanya dan penyusunan perencanaan yang matang

* Kesimpulan akhir (Final Conclusion)

adalah suatu proses akhir dalam mencapai tujuan dalam berorganisasi yang merupakan titik puncak keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?

Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Jadi, uang bisa dijadikan motivasi dalam bekerja karena uang merupakan kebutuhan seseorang yang harus terpenuhi, karena uang bisa membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Sehingga uang menjadi motivasi dan penyemangat kerja para pegwai.

4. Apa sebab timbulnya organisasi informal?

Alasan utama adanya organisasi informal yaitu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusiawi yang tidak sepenuhnya dapat dipuaskan dalam organisasi formal, misal kebutuhan hubungan sosial, rasa memiliki, dan pengenalan diri, pengetahuan tentang perilaku yang diterima, pelestarian nila-nilai budaya, kebutuhan akan informasi dan komunikasi serta lain sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terciptanya organisasi informal:

1. kebutuhan sosial
2. pengetahuan tentang perilaku yang dapat diterima
3. perhatian/simpati
4. bantuan dalam pencapaian tujuan
5. kesempatan berpengaruh dan berkreasi
6. pelestarian nilai-nilai budaya
7. komunikasi dan informasi
8. Hubunngan antara atasan dan bawahan berdasar kebutuhan masing-masing
9. Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan
10. Pengendalian melaui pemenuhan kebutuhan
11. Kurang tergantung pada pimpinan

4. Apa yang dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’?

Johari Window atau Jendela Johari merupakan salah satu cara untuk melihat dinamika dari self-awareness, yang berkaitan dengan perilaku, perasaan, dan motif kita. Model yang diciptakan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham di tahun 1955 ini berguna untuk mengamati cara kita memahami diri kita sendiri sebagai bagian dari proses komunikasi.

No comments:

Post a Comment