Pages

26 May 2010

Manusia dan kegelisahan

Kegelisahan merupakan suatu kondisi dimana seorang individu mengalami tekanan yang cukup kuat, baik tekanan mental maupun fisik. Rasa gelisah akan timbul karena adanya tuntuntan dalam kehidupansehari-hari.

Setiap manusia tidak akan terhindar dari rasa gelisah, rasa gelisah akan timbul dimana saja dan kapan saja. Setiap tekanan yang timbul menimbulkan rasa gelisah, dan kegelisahan ini akan menimbulkan rasa gelisah yang baru, biasanya hal ini terjadi secara berantai dan berdampak pada depresi berat untuk penderitanya.

Bisa diambil contoh : misalkan ada seorang remaja SMP yang telah lulus dan mencari SMA, dia telah mendaftar dan menjalani ujian. Setiap proses yang dilaluinya untuk mencapai SMA merupakan suatu bentuk tekanan, baik tekanan yang timbul dari tahap ujian, permintaan orang tua akan sekolah unggulan, maupun tekanan dari diri sendiri untuk mampu menjalani proses tersebut. Bila seorang individu tidak mampu mengatasi tekanan tersebut maka akan menimbulakan tekanan baru. Misal : si remaja tidak diterima di SMA unggulan maka dia akan kecewa karena tidak sesuai harapan orang tuanya, rasa sesal ini akan menimbulkan tekanan baru dan menjatuhkan mental.

Dalam mengatasi tekanan baiknya seorang individu mampu berfikir secara jernih dan matang dalam mengambil tindakan, sehingga bila tindakan itu melenceng dari target setidaknya individu tersebut mampu membuat rencana cadangan untuk menggantikan target yang gagal dicapai.

No comments:

Post a Comment