Pages

23 April 2010

Manusia dan Keindahan

Keindahan merupaka suatu wujud pencitraan terhadap suatu yang memiliki daya tarik, keindahan tidaklah bersifat mutlak. Hal ini dikarenakan pandangan setiap manusia berbeda-beda dan kriteria indah tidaklah sama.

Namun keindahan sejati pastilah dapat terlihat dan dirasakan oleh setiap manusia. Keindahan secara harafiah seperti seorang pria yang memandang wanita idamannya, bagaikan pemandangan alam yang asri, bagaikan sosok ibu yang anggun. Itu merupakan keindahan yang mudah dilihat dan dirasakan oleh setiap manusia.

Ada keindahan yang sulit dirasakan, dilihat dan diterka. Inilah yang disebut keindahan sejati, tidak nampak, sulit dijangkau dan tidak dapat diterka siapa yang memiliknya. Memang sulit untuk menemukan keindahan sejati dalam keseharian, namun apabila kita mau terbuka dan menyingkirkan prasangka negatif maka jalan untuk menemukan keindahan tersebut akan terbuka.

Keindahan tidak hanya dimiliki oleh wanita cantik, pria ganteng, tempat yang asri. Keindahan dapat dimiliki oleh setiap bentuk makhluk hidup dan benda. Dengan keterbukaan, kita akan lebih mengenal karakteristik manusia atau benda tertentu secara spesifik.

Karakteristik inilah yang menjadi dasar pertimabangan kita akan keindahan. Di mata saya sendiri "keindahan sejati muncul apabila kita dapat mengenal dekat seseorang atau benda tertentu, kita dapat melihat segala aspek positif dan negatif dari orang atau benda tersebut."

Namun untuk menilai apakah indah atau tidak semua itu kembali pada setiap individu masing-masing. Kita tidak bisa memaksakan cara pandang kita kepada orang lain, dengan unsur paksaan kita hanya mendoktrin seseorang untuk mengikuti apa yang kita kehendaki.

Bila kita ingin menunjukkan keindahan baiknya jalan yang dipergunakan yaitu dengan dua atau lebih sudut pandang. Dengan ini kita bisa membandingkan keindahan menurut kita dan keindahan menurut orang lain.

"Keindahan tidak berlangsung selamanya, itu semua akan pudar termakan oleh waktu bila seseorang tidak dapat menjaganya. Namun keindahan akan selalu menaungi seseorang apabila dirinya mampu menjaga arti keindahannya."

No comments:

Post a Comment